Perbeda Harga travel & Kereta Cepat Bandung Jakarta

Sejak adanya kenaikan harga BBM pada beberapa waktu lalu, untuk semua travel yang melayani rute Bandung-Jakarta sudah menaikkan tarifnya. Tarif murah yang semula Rp 60.000 pada saat ini bisa menjadi Rp 70.000, untuk yang sebelumnya di sekitar Rp 80.000 naik menjadi Rp 90.000 bahkan ada yang menjadi Rp 100.000 Sayangnya untuk kenaikan pada tarif travel itu tidak diikuti dengan peningkatan pada pelayanan. Boleh dibilang untuk pelayanan travel justru seakan menurun. Padahal Dulu ada travel yang bisa promosinya sudah menyediakan untuk hiburan tayangan film serta musik, bacaan koran, kini tidak ada lagi. Hanya ada sebagian yang masih memberikan bonus sebotol kecil air mineral/ air mineral kemasan gelas. Untuk Jam keberangkatan banyak tertunda dari jadwal, belum lagi adanya kemacetan pada beberapa ruas jalan tol serta memasuki kota Jakarta dan Bandung, menjadikan perjalanan kita menjadi lebih lama. Padahal keinginan para pelanggan diantara naik travel karena bisa di bilang untuk memburu waktu.

Untuk PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sudah mengumumkan bahwa untuk  Tiket kereta bandung jakarta pada Kereta Cepat  jalur Jakarta-Bandung (JKT-BDG) itu akan dijual dengan harga kisaran US$ 16. Nantinya untuk tiket tersebu tetap dijual dalam bentuk rupiah yang mengacu kurs pada saat ini untuk harga sudah diresmikan. Sebagai gambarannya, jika kita mengacu kurs saat ini Rp 14.000 per US$ maka untuk harga tiket tersebut dengan kisaran harga Rp 224.000. tetapi untuk saat ini dolar di sekitar 14.500 mungkin di sekitar 232.000.

Apakah, dengan harga itu untuk masyarakat akan bersedia menggunakan kereta cepat?

Manajer PR & CSR PT KCIC Bapak Deni Yusdiana telah mengatakan, Untuk harga tersebut didapatkan dari hasil studi kelayakan (feasibility study/FS) yang dilakukan. Dari studi tersebut didapatkan harga yang paling pas adalah US$ 16. Dia memastikan masyarakat bersedia dengan harga tersebut karena masih kompetitif. Sejauh ini kompetitif, kami asumsi dengan (harga) sebesar itu masih dinilai kompetitif apalagi kan ini operasional di tahun 2021,” kata dia kepada detikFinance, Jakarta, Sabtu (15/6/2019) dikutip dari Detik.

Bahkan sudah beredar foto di angkutan KA prioritas Argo Parahyangan di Jalan Bandung-Jakarta. Beberapa waktu lalu, akun Facebook Dicky Sukmana mengunggah foto dan video kereta mewah. Akun tersebut mengunggah sejumlah foto dan video mobil mewah berkursi terbatas tersebut. Layaknya kereta mewah di Eropa, kereta wisata kelas satu ini menawarkan lebih dari satu AVOD (visual on demand) per penumpang, minibar, TV 52 inci, awak pribadi, kamar mandi dan kelas. Lengkap, termasuk kursi yang nyaman. eksekutif.

Bagian dalam kereta juga dilapisi dengan kayu dan furnitur berwarna coklat. Menurut cerita, harga tiket per orang Rs 200.000, perjalanan pulang pergi ke stasiun Bandung-Gambir (PP). Namun space pada kendaraan ini masih terbatas dan hanya bisa digunakan oleh 28 penumpang. “Kereta Prioritas dari Argo ke Hyangan… kalau coba jalan Bandung-Gambir dengan tiket, biayanya hanya Rp 200.000.

Pembangunan proyek kereta ekspres Jakarta-Bandung (KA) diharapkan selesai pada akhir tahun 2020. Proyek tersebut kemudian akan diintegrasikan dengan infrastruktur transportasi lain di dalam dan sekitar Bandung untuk mendorong tumbuhnya kawasan ekonomi baru.

Setelah selesai pada akhir tahun depan, kereta ekspres pertama di Asia Tenggara akan beroperasi pada tahun 2021. Pengerjaan terowongan 608 meter selesai dalam 15 bulan. Ini adalah yang pertama dari 13 terowongan berkecepatan tinggi antara Jakarta dan Bandung yang berhasil dilintasi. Selain Reni, Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, Direktur Jenderal Pembebasan Lahan Kementerian Pertanian dan Perencanaan, menyaksikan momen badai di Terowongan Waleeni yang diisi dalam upacara bertajuk “Kemajuan Terowongan Walleni”. . Wilayah (ATR) / Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ari Uriwen, Gubernur Jawa Barat Rizwan Kamil, Bupati Bandung Barat, Umbara Sotisna, dan beberapa direksi BUMN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *